Minggu, 22 September 2013

BE CREATIVE


“Berfikir kreatif bukanlah masalah berpikir dengan keras,
tetapi berfikir dengan cara yang berbeda”



Apakah anda percaya bahwa orang-orang biasa sanggup melakukan hal-hal yang sangat luar biasa? Jika tidak, marilah kita melihat beberapa kisah sukses orang-orang biasa berikut ini.


Ray Krok, seorang tenaga penjual mesin pembuat milkshake, sangat menyukai hamburger dan kentang goreng. Ia tiba disebuah kios hamburger kecil di California Utara. Kios itu membuat burger dan kentang goreng terbaik yang pernah dinikmatinya. Pemilik-pemiliknya tidak berniat untuk mengembangkannya. Oleh karena Krok itu, pada usia 57 tahun mengambil alih resep-resepnya McDonald, menambahkan keahliannya di bidang minuman milkshake, dan selanjutnya kisah kesuksesan McDonald mendunia. Sekarang McDonald merupakan waralaba nomor satu di dunia.

Julie Brice dan Bill Brice, remaja kakak beradik sangat menikmati pekerjaan musim panas mereka di sebuah kedai yougurt di Dallas sehingga mereka membeli sebuah kedai kecil dengan uang 10.000 dollar yang pinjamanya dari dana perguruan tinggi mereka. Perusahaan mereka, I Can’t Belive It’s Yoghurt, tumbuh hingga memiliki lebih dari 200 penyalur.


Seorang pegawai asuransi berusia 63 tahun, Tom Duck mendirikan suatu perusahaan persewaan mobil-mobil tua yang murah. Sekarang ini buah pikiran pegawai asuransi yang suka bercanda dan berkantor pusat di Tucson ini merupakan sebuah usaha dengan nilai 85 juta dollar.


Guru Sekolah menengah umum, Peter de Yager membawa murid-murid kelas Jeman-nya ke Eropa. Di sana mereka menemukan gula-gula yang membuat mereka senang. Dari pada sekedar mengulum, Peter dan istrinya, Betsy, mendirikan sebuah kantor di rumah mereka, di kota kecil Iowa, dan mulai mengimpor gula-gula itu. Perusahaan mereka berkembang menjadi Foreign Candy Co, yang sekarang beroperasi secara nasional dan mempunyai penghasilan kotor hampir 10 juta dollar setahun.


Mengapa orang-orang biasa seperti mereka dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa, bahkan sebuah mahakarya yang sebelumnya tidak pernah mereka bayangkan? Mengembangkan kreativitas adalah jawabannya. Mereka tidak hanya melihat sebuah kedai burger dan yougurt atau gula-gula, tetapi mengembangkan daya kreatif dalam diri mereka. Kreatif berarti memiliki kemampuan dan menggunakannya untuk menghasilkan pemecahan-pemecahan baru. William James mengatakan “Genius sebetulnya berarti memiliki kemampuan sedikti lebih untuk melihat dengan cara yang tidak biasa.” Saat anda melihat kotoran bekas, enceng gondok, kulit telur, kotoran sapi, apakah yang ada dibenak anda? Mungkin kita akan berfikir bahwa semua itu merupakan sampah dan limbah yang tidak berguna. Namun, sebagian orang melihatnya sebagai “harta karun” yang hanya perlu digali sebelum dinikmati. Mereka menyulap barang-barang yang dianggap sebagai barang yang tidak bernilai itu menjadi berbagai macam komoditas, bahkan ada yang sampai di ekspor ke luar negeri.

Menjadi pribadi yang kreatif memang sulit. Namun, kita dapat memulainya dari hal yang sederhana. Jika kita membiasakan diri untuk berfikir lain daripada orang lain, dan melihat lebih jeli apa pun yang ada di sekeliling, lama-kelamaan otak dan pikiran kita pun dengan sendirinya akan memunculakn ide-ide brilian. Selamat menjadi pribadi yang kreatif!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar