“Berfikir kreatif bukanlah masalah
berpikir dengan keras,
tetapi berfikir dengan cara yang
berbeda”
Apakah anda
percaya bahwa orang-orang biasa sanggup melakukan hal-hal yang sangat luar
biasa? Jika tidak, marilah kita melihat beberapa kisah sukses orang-orang biasa
berikut ini.
Ray Krok,
seorang tenaga penjual mesin pembuat milkshake,
sangat menyukai hamburger dan kentang goreng. Ia tiba disebuah kios hamburger
kecil di California Utara. Kios itu membuat burger dan kentang goreng terbaik
yang pernah dinikmatinya. Pemilik-pemiliknya tidak berniat untuk
mengembangkannya. Oleh karena Krok itu, pada usia 57 tahun mengambil alih
resep-resepnya McDonald, menambahkan keahliannya di bidang minuman milkshake, dan selanjutnya kisah
kesuksesan McDonald mendunia. Sekarang McDonald merupakan waralaba nomor satu
di dunia.
Julie Brice
dan Bill Brice, remaja kakak beradik sangat menikmati pekerjaan musim panas
mereka di sebuah kedai yougurt di Dallas sehingga mereka membeli sebuah kedai
kecil dengan uang 10.000 dollar yang pinjamanya dari dana perguruan tinggi
mereka. Perusahaan mereka, I Can’t Belive
It’s Yoghurt, tumbuh hingga memiliki lebih dari 200 penyalur.
Seorang
pegawai asuransi berusia 63 tahun, Tom Duck mendirikan suatu perusahaan
persewaan mobil-mobil tua yang murah. Sekarang ini buah pikiran pegawai
asuransi yang suka bercanda dan berkantor pusat di Tucson ini merupakan sebuah
usaha dengan nilai 85 juta dollar.
Guru Sekolah
menengah umum, Peter de Yager membawa murid-murid kelas Jeman-nya ke Eropa. Di
sana mereka menemukan gula-gula yang membuat mereka senang. Dari pada sekedar
mengulum, Peter dan istrinya, Betsy, mendirikan sebuah kantor di rumah mereka,
di kota kecil Iowa, dan mulai mengimpor gula-gula itu. Perusahaan mereka
berkembang menjadi Foreign Candy Co,
yang sekarang beroperasi secara nasional dan mempunyai penghasilan kotor hampir
10 juta dollar setahun.
Mengapa
orang-orang biasa seperti mereka dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa,
bahkan sebuah mahakarya yang sebelumnya tidak pernah mereka bayangkan?
Mengembangkan kreativitas adalah jawabannya. Mereka tidak hanya melihat sebuah
kedai burger dan yougurt atau gula-gula, tetapi mengembangkan daya kreatif
dalam diri mereka. Kreatif berarti memiliki kemampuan dan menggunakannya untuk
menghasilkan pemecahan-pemecahan baru. William James mengatakan “Genius
sebetulnya berarti memiliki kemampuan sedikti lebih untuk melihat dengan cara
yang tidak biasa.” Saat anda melihat kotoran bekas, enceng gondok, kulit telur,
kotoran sapi, apakah yang ada dibenak anda? Mungkin kita akan berfikir bahwa
semua itu merupakan sampah dan limbah yang tidak berguna. Namun, sebagian orang
melihatnya sebagai “harta karun” yang hanya perlu digali sebelum dinikmati.
Mereka menyulap barang-barang yang dianggap sebagai barang yang tidak bernilai
itu menjadi berbagai macam komoditas, bahkan ada yang sampai di ekspor ke luar
negeri.
Menjadi pribadi yang kreatif memang sulit. Namun, kita dapat memulainya dari hal yang sederhana. Jika kita membiasakan diri untuk berfikir lain daripada orang lain, dan melihat lebih jeli apa pun yang ada di sekeliling, lama-kelamaan otak dan pikiran kita pun dengan sendirinya akan memunculakn ide-ide brilian. Selamat menjadi pribadi yang kreatif!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar