Senin, 12 Maret 2012

Tujuan Mempelajari Pelaku Organisasi

Perilaku Organisasi berhubungan dengan pengembangan People Skill. Tetapi lebih spesifik tujuan mempelajari perilaku organisasi adalah membantu kita dalam menjalaskan, memprediksikan, dan mengontrol perilaku manusia.

1. Tujuan Menjelaskan
    Tujuan menjelaskan dilakukan jika kita ingin mencari jawaban tentang mengapa seorang individu melakukan suatu tindakan tertentu. Tujuan ini mungkin tidaklah begitu penting dari sudut pandangan manajerial sebab hal ini terjadi setelah fakta. Tetapi jika kita ingin mengerti suatu fenomena, kita harus mencoba untuk menjelaskan, kemudian dengan pengertian ini kita dapat menentukan faktor-faktor penyebab yang berhubungan. 
Misalnya : kita ketahui bahwa tingkat Turnover dipengaruhi oleh Pelbagai faktor, tetapi jika penjelasan untuk Turnover yang tinggi adalah pekerjaan yang membosankan, manajer dapat mengambil tindakan-tindakan untuk memperbaiki perilaku di masa datang

2. Tujuan Memprediksikan
    Tujuan Memprediksikan berfokus pada kejadian di masa datang. Tujuan ini mencoba untuk menentukan apa yang dihasilkan dengan mempraktekkan suatu aksi tertentu. Misalnya : Seorang manajer produksi mencoba untuk menilai bagaimana respon anggota departemennya terhadap kinerjanya.

3. Tujuan Kontrol
    Tujuan yang paling kontroversional adalah menggunakan pengetahuan perilaku organisasi untuk mengontrol perilaku seorang individu. Misalnya : seorang Manajer bertanya "apa yang harus saya lakukan supaya si A bekerja lebih keras?". Hal ini kontroversional karena mengontrol perilaku seseorang individu dianggap suatu tindakan yang tidak etis terutama dalam masyarakat yang menjunjung tinggi kebebasan individu.

2 komentar: